Provinsi Ini Ajukan Usulan Formasi 4.603 CPNS Tahun 2017

Sudah tahukah anda sahabat pembaca info Wartapgri, bahwa Pemprov ini sudah ajukan sebanyak 4.603 CPNS baru. Apakah Ini daerah anda? Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Kekurangan pegawai negeri sipil rupanya sudah merata dirasakan di tiap daerah, tidak hanya di Jawa - NTB pun juga merasakan hal yang sama. Untuk tahun 2017 ini pemprov Nusa Tenggara Barat telah mengajukan usulan untuk melakukan rekrutmen CPNS kepada pemerintah pusat sebanyak 4603 formasi baru.

Walaupun usulan tersebut terbilang sangat besar, akan tetapi jika diusulkan berdasarkan analisis beban kerja jumlah tersebut masih terhitung sedikit, karena usulan berdasarkan analisis beban kerja menjapai sebanyak 6965 orang.

“Kalau kebutuhan kita sesuai analisis beban kerja (ABK) sebanyak 6.965. Sementara yang ada sekarang 2.362 pegawai. Jadi kita ajukan usulan tambahan 4.603,” ujar Fathurrahman kepada harian Suara NTB seperti asncpns kutip dari laman resminya. 

Penerimaan mengenai CPNS ini sebelumnya telah diinformasikan juga oleh Sekda NTB, H Rosiady Sayuti, akan tetapi tetap saja keputusan mutlak mengenai penerimaan berada di kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Dari total keseluruhan formasi CPNS yang diajukan oleh Pemprov NTB sebanyak 4.603 orang, sebanyak 757 formasi diantaranya ditujukan untuk merekrut tenaga kesehatan, 945 orang diperuntukan tenaga teknis, dan sisanya untuk tenaga pendidikan yang terdiri dari:
1.495 formasi guru SMA/MA
1.322 formasi guru SMK 
84 formasi untuk guru SLB. 

Usulan yang diajukan ke pemerintah pusat tersebut adalah murni dari Pemprov NTB saja, di luar kabupaten/kota di NTB. Sedangkan untuk pengusulan CPNS pemerintah kabupaten/kota langsung mengirim sendiri usulannya ke Kementerian PANRB.

Fathur berharap semua usulan bisa diakomodir semuanya, karena saat ini pemprov benar benar tengah membutuhkan pegawai yang saat ini dirasakan kekurangan disana sini.
“Kita tinggal menunggu jumlah kuota formasi CPNS yang diberikan untuk Pemprov NTB. Kita menunggu dan berharap usulan kita dapat diterima seluruhnya. Selanjutnya kita tunggu MenPAN-RB menetapkan formasi jabatan dan mengeluarkan izin prinsip untuk rekrutmen CPNS,” jelasnya.
Sedangkan untuk formasi tenaga kesehatan, beberapa formasi yang diajukan ke pemerintah pusat diantaranya adalah:
Dokter spesialis
Dokter gigi
Perawat ahli
Apoteker
Nutrisionis ahli
Psikolog
Bidan ahli
Bidan terampil
baseline;">Radiografer ahli
Perekam medis ahli
Sanitarian ahli
Teknik elektromedik terampil
Fisioterapis
Terapis okupasi
Terapis wicara
Terapis transfusi darah
Asisten apoteker
Sedangkan untuk formasi tenaga teknik, formasi yang diajukan diantaranya adalah
Analis kepegawaian ahli
Pranata humas
Pranata komputer
Ahli teknisi elektro
Perencana
Pengadaan barang dan jasa
Teknik jalan dan jembatan
Teknik pengairan
Teknik tata bangunan
Teknik penyehatan lingkungan
Ekonomi
Akuntansi

Andaikan pemerintah pusat memberikan lampu hijau untuk melakukan rekrutmen, maka proses penerimaan CPNS akan menggunakan sistem CAT BKN. dengan sistem CAT, Nilai kelulusan CPNS itu sendiri akan ditentukan berdasarkan passing grade. Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi adalah 126 atau 72% dari nilai maksimal TKP. Passing Grade Tes Intelegensi Umum adalah 75 atau 50% dari nilai maksimal TIU. Passing Grade Tes Wawasan Kebangsaan adalah 70 atau 40% dari nilai maksimal TWK.

Silahkan Pelajari Paket LKIT Disini

Silahkan Lihat Formasinya CPSN Disini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »